Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » SEO » SEO Off Page Lengkap

SEO Off Page Lengkap

Post: Sabtu, 17 September 2011 - 14:30:02 WIB - In: SEO - Dilihat: 1.175 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 70 tidak suka 68increase font decrease font share via addthis
SEO Off Page Lengkap

Setelah tadi kita membahas artikel SEO On Page Ala Mas Willy, dan Jenis Jenis SEO , sekarang saya akan berbagi trik mengenai seo off page. teknik optimasi yang dilakukan terhadap sebuah website dengan menggunakan berbagai metode yang berada diluar website tersebut.

Untuk menerapkan teknik SEO ini bisa dibilang gampang – gampang susah, karena melibatkan pihak luar yang ada diluar sana. Intinya adalah mendapatkan Backlink. Yaitu link dari website lain ke website kita. Inilah tantanganya. Oleh karena itu relasi atau networking dengan netter lain sangat penting dibangun dengan baik untuk tujuan jangka panjang.

Namun sebelum bahas tentang teknik SEO, anda harus tahu bahwa ada dua macam Tautan Balik (Backlink).

  1. Tautan Balik Searah. (One way link).
    Ini adalah model backlink yang paling besar pengaruhnya karena website anda mendapatkan tautan balik sedangkan anda tidak perlu memberikan tautan balik. Sekaligus ini juga lebih sulit, karena untuk memberikan link kepada anda, website anda harus mempunyai conten yang berkualitas atau unik. Sehingga orang secara sengaja atau tidak mempromosikan website anda dengan menuliskan alamat website anda di website atau blog mereka.
  2. Tautan Balik dua arah (two way – link exchange)
    Tehnik ini cukup banyak dilakukan di internet. Anda memasang link mereka karena mereka juga memasang link anda. Jadi keduanya untung, win-win solution. Bila dibandingkan dengan one way, tentu saja one way akan lebih kuat pengaruhnya dibandingkan two way.

Dalam Mencari backlink, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Jumlah Backlink
Pengertian secara simple backlink yaitu link di dalam blog lain yang menuju blog kita. Jadi semakin banyak backlink dan semakin berkualitas backlink menuju ke blog kita maka sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan posisi kita di jajaran teratas mesin pencari (SERP). Cara untuk mendapatkan backlink antara lain :

  • Meminta backlink kepada blogger lain
  • Melakukan link exchange dengan blogger lain
  • Membuat backlink sendiri dari dummy blog
  • Melakukan linkbait
  • Menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada Anda

2. Kualitas Backlink
Ciri-ciri backlink berkualitas yaitu :

  • Berasal dari blog setopik
  • Berasal dari authority blog (minimal PR 7)
  • One-way backlink
  • Tidak berasal dari link-farm

3. Natural backlink
Natural backlink adalah backlink yang diberikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Link diletakkan di dalam kalimat (tidak di dalam blogrol)
  • Berupa variasi kata kunci
  • Berupa gabungan inbound dan outbound link
  • Link tidak berasal dari IP yang sama
  • Link berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)

Dengan melakukan atau memeriksa kembali poin-poin kunci SEO untuk blog diatas, upaya memaksimalkan posisi ranking di SERP (Search Engine Result Pages) bagi blog Anda niscaya akan mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan.

Berikut adalah cara – cara yang bisa ditempuh untuk teknik Offpage Optimization:

1. Daftarkan Website anda ke Search Engine

Setelah selesai melakukan teknik Onpage Optimization, langkah pertama yang harus di lakukan adalah mendaftarkan website anda ke mesin pencari. ini sangat penting untuk dilakukan, selain gratis ! mesin pencari juga bisa mendatangkan kunjungan melimpah ke website anda dan tentunya kunjungan yang datang lebih tertarget.

Silahkan melakukan submisi ke beberapa tipe mesin pencari paling populer dibawah ini berikut daftarnya:

  • Google
  • Yahoo
  • Msn
  • Bing
  • Open Directory ( DMOZ )
  • AltaVista
  • Alltheweb, dan masih banyak lagi sebenarnya.

2. Mempromosikan website anda di iklan baris gratis

Langkah ini adalah langkah yang cukup sederhana dan mudah dilakukan. Kita ketahui bersama, bahwa iklan baris merupakan website yang banyak dikunjungi, mempunyai banyak conten (isi) bahkan setiap menit atau detiknya isi dari iklan baris berganti – ganti akibat dari banyaknya orang yang memasang iklan disana. Karena kenyataan ini, maka robot search engine sangat senang untuk datang ke website berbentuk iklan baris.

Kita tahu bahwa makanan dari search engine adalah: konten. Terutama adalah konten yang sering diupdate. Oleh sebab itu search engine sangat senang dengan website yang mempunyai banyak konten yang rajin diupdate. Misalnya: website iklan baris, blog, dll. Itulah kenapa blog – blog yang rajin diupdate sangat digemari oleh search engine, terlebih karena blog sangat mudah diupdate.

3. Aktif di Newsgroups dan Forum.

Jika anda adalah pemain baru di dunia Internet, anda perlu aktif menunjukkan keberadaan anda serta website anda kepada orang lain. Anda bisa beriklan, atau menulis artikel tertentu yang berkaitan dengan topik website anda. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah aktif di newsgroup atau forum di Internet. Ada berbagai macam newsgroup dan forum. Anda bisa menemukannya dengan menggunakan fasilitas search engine dengan memasukkan kata kunci newsgroup ataupun forum mengenai topik tertentu. Misalnya “Bisnis Online Forum”.

Untuk bisa aktif di milis/newsgroup, sebelumnya anda harus mendaftarkan alamat email kemudian mengkonfirmasikan pendaftaran. Setelah keangotaan diaktifkan (biasanya secara otomatis) kemudian anda sudah bisa ikut nimbrung berdiskusi mengenai topik tertentu. Silakan anda akses http://www.yahoogroups.com dan ketikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan topik pembahasan website anda. Atau jika anda ingin beriklan menggunakan milis, silakan ketikkan kata kunci “iklan” di form pencarian. Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan daftar milis yang berkaitan dengan topik anda.

Jika anda aktif menulis, berbicara dan berperan serta di suatu newsgroup, maka nama anda akan semakin dikenal. Mereka akan lebih mudah mengunjungi website anda setelah mengenal anda.

4. Memberi komentar di blog orang lain untuk mendapatkan backlink berkualitas

Cara offpage yang tidak kalah kerennya adalah dengan memberikan komentar di
berbagai blog yang ada di Internet. Selain menyenangkan anda juga bisa melihat – lihat blog orang lain, siapa tahu bisa mendapatkan ide/inspirasi yang bagus. Juga bisa berkenalan dengan pemilik blog untuk membangun tali persahabatan. Bila anda ingin website anda dikenal oleh banyak orang maka ini adalah cara yang sangat baik.

Memberikan komentar dengan jalan – jalan ke blog orang lain, dikenal dengan istilah “blog walking” dan merupakan cara cepat dan bagus dalam meningkatkan page rank anda dan mendapatkan banyak backlink berkualitas. Anda bisa melakukan blog walking (kegiatan mengunjungi blog orang lain dan memberikan komentar) ini kepada blog yang mirip bidangnya dengan website anda. Bila anda menemukan blog yang sebidang maka efeknya akan semakin bagus. Namun jika anda tidak menemukan banyak blog sejenis, maka blog dengan PR tinggi sangat baik untuk anda memberikan komentar disana.

5. Mendaftarkan website anda ke Directori

Jika anda akan mendaftarkan website anda ke situs search engine directori, anda harus lebih hati – hati karena website anda akan diperiksa secara manual oleh manusia.

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]