Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » SEO » Apa Itu Black Hat SEO ?

Apa Itu Black Hat SEO ?

Post: Senin, 29 Agustus 2011 - 05:34:23 WIB - In: SEO - Dilihat: 1.841 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 141 tidak suka 133increase font decrease font share via addthis
Apa Itu Black Hat SEO ?

Black Hat SEO dianggap pihak yang tidak baik atau yang tidak berjalan sesuai dengan prosedur dikarenakan seringkali melakukan hal-hal yang dianggap tidak etis dan selalu saja berusaha mengakali cara kerja search engine demi untuk mendapatkan peringkat.

Hal ini bukan tanpa risiko, jika Anda ketahuan meggunakan cara-cara yang tidak benar, maka website Anda berkemungkinan akan mendapatkan penalti sehingga tidak diizinkan untuk terdaftar di search engine.

Apa yang membuat orang-orang melakukan black hat SEO? Ada beberapa alasan mengapa black hat SEO ini dilakukan karena:

  • Merasa bahwa cara white hat SEO terlalu lama memberikan hasil yang signifikan
  • mempunyai prioritas untuk mendapatkan uang dibanding memberikan konten yang bermutu
  • mencari kelemahan search engine

Berikut ini akan dibahas beberapa teknik yang dilakukan black hat SEO walaupun tidak menutup kemungkinan white hat SEO juga melakukannya, sebatas masih etis dan tidak merugikan pengguna. Tetapi Anda tetap harus berhati-hati, karena jika sampai algoritma search engine menemukan hal tertentu yang dianggap tidak etis, dapat menurunkan peringkat website atau tidak lagi terdaftar pada index search engine. Hukuman yang sangat fatal!

Spamdexing

Bila Anda belum memahami benar apa itu spamdexing, Anda dapat memperhatikan catatan berikut ini:

Misalkan ada sebuah perpustakaan yang memiliki banyak sekali buku. Setiap hari ada sebuah robot yang menelusuri setiap buku dengan kecepatan tinggi, dan melakukan index. Jika ada seseorang yang datang dan ingin mencari topik tertentu, maka sang robot dapat merekomendasikan buku yang relevan tanpa orang tersebut menelusuri seluruh buku di dalam perpustakaan.

Dalam melakukan index, sang robot terpaku pada kata atau kalimat pada buku tanpa memahami artinya, lalu ada satu buku yang sangat tebal yang didalamnya terdapat kata-kata populer yang diulang-ulang tanpa makna, robot tersebut malah meletakkan buku tebal tersebut pada prioritas yang tinggi, dan merekomendasikan pada pengunjung perpustaakan. Tentu saja pengunjung merasa kecewa jika mendapatkan buku tersebut.

Nah, bila kita melihat catatan diatas, sang robot bisa dianalogikan sebagai search engine, sedangkan buku-buku tersebut adalah setiap halaman web, orang-orang yang datang ke perpustakaan adalah pengunjung yang mengetikkan keyword di search engine, dan buku “sampah” itu adalah spamdexing (web spam), yang dibuat oleh kalangan black hat SEO untuk mengecoh search engine, dan akhirnya merugikan pengunjung.

Halaman spam dalam bentuk konten atau link membuat fungsi search engine untuk menyediakan informasi yang akurat dan berguna menjadi berkurang. Oleh sebab itu algoritma search engine terus diperbaiki untuk menanggulangi hal tersebut.

Keyword Stuffing

Karena SERP sangat tergantung dari keyword yang diketikkan pengguna, black hat SEO berusaha menuliskan sebanyak mungkin keyword pada halaman website. Cara ini dikenal dengan keyword stuffing dan merupakan salah satu praktik spamdexing. Pada HTML, terdapat elemen/tag meta yang digunakan untuk mendiskripsikan halaman web, sebagai contoh perhatikan potongan HTML berikut ini:

meta name=&keywords& content=&makanan, pisang goreng, kedai murah&

Kode HTML diatas memperlihatkan penggunaan atribut keywords. Pada contoh tersebut, terlihat keyword mengarah pada makanan. Ini merupakan metadata dan tidak terlihat secara langsung oleh pengunjung, melainkan lebih diperuntukkan search engine agar dapat mengategorikan halaman website dengan benar. Keyword stuffing berusaha mengelabui search engine dengan cara memasukkan berbagai keyword dalam jumlah besar dan berulang, bahkan tidak relevan dengan konten. Hasilnya, pengguna sering kali diarahkan ke website spam.

Saat ini, atribut keywords tidak lagi memberikan dampak signifikan seperti dulu. Search engine tidal lagi memberi dukungan atau bobot yang besar. Selain atribut keywords, elemen meta juga memiliki atribut lain, seperti description, language, robots. Beberapa diantaranya mungkin masih memiliki bobot yang diperhitungkandalam algoritme search enginr, dam juga tidak lepas dari upaya manipulasi oleh black hat SEO. Walau demikian, search engine melalui robotnya umumnya telah memiliki kemampuan mengategorikan halaman web berdasarkan karakteristik seperti relevansi, pengulangan, keunikan konten, dan sebagainya.

Selain memanfaatkan metadata, keyword stuffing juga dapat dimasukkan pada konten. Pengguna yang menjadi korbannya akan melihat halaman penuh dengan keyword, tetapi tidak memberikan informasi yang bermaanfaat.

Teks tersembunyi

Teknik dalam spamdexing yang lain adalah membuat teks/keyword berupa spam tidak terlihat atau tersembunyikan dari pengguna dengan menggunakan berbagai cara seperti menuliskan teks dengan warna yang sama dengan background, menuliskan teks dibalik gambar atau meletakkan pada posisi yang tidak dijangkau layar. Tujuannya, agar search engine membacanya dan melakukan indeks pada teks tersebut, walaupun dari pandangan pengunjung, website tersebut tidak mengandung spam. Taks tersembunyi dapat dibuat dengan berbagai teknik seperti teknik HTML/CSS.

Link Farm

Salah satu bentuk spamdexing yang lain adalah link farm, yaitu halaman web yang berisi “kebun” link. Misalnya link farm diletakkan di bawah website agar tidak langsung terlihat oleh pengunjung, tetapi dapat terbaca oleh search engine. Sekilas, tidak merugikan pengunjung. Tetapi ketika pengunjung berharap menemukan informasi yang ingin dia cari ternyata tidak menemukannya.

Walaupun dimungkinkan untuk membuat link farm secara manual, tetapi biasanya link farm diciptakan dengan program/script atau layanan tertentu. Sampai saat ini, search engine tidak sepenuhnya mampu mencegah, dan membuat beberapa website berisi link farm didapatkan tampil pada halaman awal SERP.

Selain membuat halaman link farm, black hat SEO juga dapat menyebarkan spam berisi link pada blog atau website lain, khususnya pada elemen input HTML yang terdapat pada fitur guestbook, komentar atau forum. Hal ini mengarah pada keamanan web karena sering program-program jahat memanfaatkan kelemahan website target, sehingga memungkinkan terjadinya spam atau injeksi script. Termasuk juga penyebaran spam link ke e-mail yang secara akumulatif telah menyita bandwidth yang sangat besar.

Doorway Page

Yang dimaksud dengan doorway page adalah halaman yang mengandung sedikit konten tetapi berisi keyword/frase tertentu untuk menarik search engine tanpa dianggap spam. Umumnya, doorway page berisi link yang mengarah pada halaman lain, sehingga secara keseluruhan doorway page merupakan halaman web yang berkualitas rendah, dan tentunya tidak diharapkan oleh pengguna.

Cloaking

Prinsip teknik cloaking adalah membagi pengunjung dalam dua kategori, yaitu pengunjung biasa dan robot/spider search engine. Tentu saja website semacam ini dilengkapi dengan daftar IP mana saja yang dianggap robot. Jika IP pengunjung dideteksi sebagai robot, maka akan diberikan halaman “khusus” untuk search engine. Sebaliknya jika IP pengunjung tidak termasuk daftar IP (dianggap manusia), maka diberikan halaman utama.

Teknik cloaking memang membuat pengguna tidak melihat halaman seperti doorway page, tetapi tetap dapat diganggu jika informasi yang diharapkan pengguna tidak ditemukan, karena search engine terkecoh oleh cloaking dan meng-indeks halaman yang mungkin tidak ada relevansinya dengan yang dilihat orang.

Implementasi cloaking dapat berkembang mengarah pada pembajakan halaman web (page hijacking). Bayangkan jika halaman yang diarahkan untuk spider search engine dengan metode cloaking adalah sebuah duplikat halaman dari website berita ternama. Bisa jadi halaman tersebut ter-index dan tampil pada SERP, tetapi ketika diklik oleh pengguna, halaman yang tampil justru tidak relevan.

Sumber : Joko Nurjadi/PC Media

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]