Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » My Personal Blog » 3 Idiots, Film Inspirasi Tentang Cara Belajar Sesungguhnya

3 Idiots, Film Inspirasi Tentang Cara Belajar Sesungguhnya

Post: Jumat, 10 Juni 2011 - 21:53:02 WIB - In: My Personal Blog - Dilihat: 4.718 kali

5 bintang comment 2 suka 244 tidak suka 245increase font decrease font share via addthis
3 Idiots, Film Inspirasi Tentang Cara Belajar Sesungguhnya

Di India (dan mungkin banyak di banyak negara, termasuk Indonesia) muncul anggapan bahwa untuk menjadi orang yang sukses, orang harus menjadi yang terbaik di kampus. Dengan demikian ia akan mendapatkan pekerjaan terbaik, menjadi orang kaya dan memperoleh jodoh yang baik.

Jika dia gagal dalam akademis, masa depannya akan suram. Hal ini yang kemudian dilawan oleh tokoh Rancho yang menjadi sentral dalam film inspirasi ini.

Alur Cerita 3 Idiots

Farhan Qureshi (R. Madhavan) dan Raju Rastogi (Sharman Joshi) hanyalah mahasiswa biasa. Farhan dituntut untuk menjadi insinyur meskipun kata hatinya menginginkan dirinya menjadi fotografer alam bebas. Sementara Raju dibebani oleh kewajiban untuk berhasil lantaran keluarganya yang sangat miskin.

Ketika Racho (Aamir Khan) datang, dunia mereka berubah. Pertama-tama, Rancho berani mengerjai balik seniornya. Keeksentrikan murid kaya ini berlanjut dengan berani melawan dekan kampus mereka, Professor Viru Sahastrabudhhe (ViruS) (Boman Irani). Rancho berani menjawab setiap pertanyaan sang Professor dengan jawaban yang tidak umum, meski sebenarnya dalam banyak hal, benar.

Rancho juga mempertanyakan kampus yang tak lebih dari sebuah pabrik yang menciptakan robot, bukan manusia yang sebenarnya. Tak heran kalau ketiganya dijuluki 3 idiots oleh sang professor. Di mata sang professor, sosok mahasiswa ideal ada dalam diri Chatur (Omi Vaidya). Seperti umumnya mahasiswa, Chatur melihat kampus sebagai tiket emas menuju status sosial yang lebih baik.

Rancho dan temannya kemudian tergoda untuk mengerjai Chatur. Chatur yang merasa dipermalukan akhirnya tidak terima dan kemudian mengajak Rancho untuk bertaruh siapa yang lebih sukses sepuluh tahun kemudian.

Inspirasi dari 3 Idiots

Ada banyak hal yang menarik untuk dipelajari dari 3 Idiots. Film inspirasi yang menyentil masalah pendidikan ini mempertanyakan sistem pendidikan yang ada. Pendidikan yang seharusnya mengembangkan manusia justru malah menekan potensi manusia itu sendiri.

Manusia tidak lagi memiliki kebebasan berpikir, tetapi harus berpikir menurut sistem yang dalam film ini diwakili oleh sosok Viru S. Sebagai contoh, mahasiswa tidak boleh menciptakan definisi sendiri, tetapi harus menuruti buku teks.

Mahasiswa juga dipaksa mengikuti tenggang waktu yang terkadang tidak masuk akal tanpa ada toleransi sedikit pun. Dosen dan kampus akhirnya menjelma sebagai tokoh otoriter yang bertindak semaunya.

3 Idiots juga menyoroti masalah pilihan bebas. Saat seorang anak lahir, ia telah diberi beban dari orang tuanya. Anak laki-laki, misalnya, dipaksa menjadi insinyur. Anak perempuan menjadi dokter. Harapan orang tua terhadap anak begitu tinggi hingga pada akhirnya, anak yang tidak bisa memenuhi harapan orang tua akan menjadi tidak bahagia, stress dan mungkin saja mencoba bunuh diri seperti yang digambarkan dalam tokoh Raju.

Adalah tokoh Rancho yang mengajarkan pentingnya menjalani hal yang paling kita sukai. Karena hanya dengan berani mengejar passion kita, kita dapat berbuat yang terbaik bagi diri sendiri dan orang lain. Hal ini yang pada akhirnya membuat Raju berani menghadapi banyak hal dan membuat Farhan berani keluar dari kampus demi mengejar karirnya sebagai fotografer.

Karena seperti kata tokoh Farhan yang kurang lebih berkata, “Kalau saya miskin dalam menjalani pilihan saya, saya hanya akan menyalahkan diri sendiri. Akan tetapi kalau saya miskin dalam menjalani pilihan ayah, saya akan menyalahkan ayah.”

Tokoh Ranchu sendiri digambarkan pada akhirnya berhasil membangun sekolah impiannya. Sebuah sekolah yang memacu muridnya untuk kreatif, menciptakan alat-alat dan bebas dari tuntutan konvensional masyarakat. Bukan itu saja, ia berhasil membuktikan kepada Chatur, bahwa kesuksesan bisa lahir tanpa harus mengikuti aturan pakem dunia pendidikan.

Secara keseluruhan film inspirasi ini mengajarkan pada kita tentang pentingnya kebebasan berpikir dalam pendidikan dan pentingnya mengejar hal yang paling penting bagi kita untuk memaksimalkan potensi dalam diri kita. Setelah itu, maka kekayaan dan kesuksesan akan mengikuti dengan sendirinya.

Hal ini sangat relevan dengan situasi sekarang. Orang berusaha mencari uang sebanyak-banyaknya tapi mungkin tidak bahagia karena pekerjaan itu bukanlah bidang yang mereka cintai.

Sejauh ini, film inspirasi 3 Idiots merupakan film Bollywood dengan pendapat tertinggi sepanjang masa. Sebelumnya, film dengan rekor pendapatan tertinggi adalah Ghajani, yang juga dibintangi oleh Aamir Khan.

Film inspirasi ini juga diganjar sejumlah penghargaan, mulai dari 6 Film fare Award untuk film dan sutradara terbaik, sepuluh Star Screen Awards dan enam belas IIFA Awards. Film inspirasi ini diangkat secara bebas dari novel Five Point Someone oleh Chetan Bhagat.

Motivation Word From 3 Idiots

  1. Seberapa besarpun masalah, yakinkan hatimu bahwa semua pasti baik baik saja, dgn begitu hatimu bisa tenang
  2. Insinyur itu org org pintar, tapi mereka blm bisa menemukan alat utk mengukur tekanan mental
  3. Tidak ada yang tahu bagaimana masa depan kita
  4. Hidup ini seperti perlombaan, kalau kalian tidak cepat, kalian akan kalah
  5. Hati kita itu mudah takut. yg pnting bgaimna cara kita meyakinkan hati kita jika smua itu psti akan baik-baik saja
  6. Give me some sunshine. Give me some rain. Give me another chance. I wanna grow up once again
  7. Ini universitas. Bukan panci masak bertekanan tinggi yang hanya membuat pikiran org tertekan.
  8. Jgn belajar utk menjadi kaya saja. Tapi belajarlah menjadi ahli
  9. Untuk apa mempublikasikan kelemahan orang didepan umum
  10. Tingkatan hanya menciptakan perpecahan
  11. Melihat teman kita tdk lulus itu sgt menyedihkan. Tapi lebih menyedihkan jika dia jadi yg terbaik.
  12. Kau yg memulainya, tapi kau juga yg harus mengakhirinya
  13. Jgn mengejar kesukseskan. Jadilah insinyur hebat, dan kesuksesan akan menghampirimu.
  14. Itulah akibatnya bila menghafal tanpa memahami. Kau akan menghabiskan 4tahun utk belajar, 40tahun utk menyesali
  15. Buat yang menjadi hobimu, menjadi pekerjaanmu, dengan begitu kau akan bekerja seperti bermain.

Komentar

TOMI 5 bintang
COOL MOVIES
" Yups... btuls skali :D "

[ Tulis Komentar ]
dwi 5 bintang - amazing movie
[ Tulis Komentar ]

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]