Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » SEO » 10 Cara Langkah Ranking Top 10 di Google

10 Cara Langkah Ranking Top 10 di Google

Post: Kamis, 26 Mei 2011 - 22:02:58 WIB - In: SEO - Dilihat: 1.706 kali

1 bintang comment 1 suka 187 tidak suka 189increase font decrease font share via addthis
10 Cara Langkah Ranking Top 10 di Google

Bagian kedua ini akan menjabarkan langkah demi langkah secara tepat apa yang perlu anda lakukan untuk mencapai ranking top 10 di Google untuk kata kunci (keyword) yang anda incar. Sebelum meneruskan membaca Bagian 2 ini sebaiknya baca dulu Bagian 1 yang membahas hal-hal utama yang perlu diketahui tentang bagaimana cara menentukan keyword yang baik dan kesalahan terbesar dalam memilih keyword.

1. Buat Daftar Keyword Utama
Langkah pertama anda adalah membuat sebuah daftar utama (master list) dari berbagai keyword yang ingin anda incar. Tentu saja apa yang dibuat ini harus berkaitan dengan topik situs anda. Seperti yang sudah anda ketahui dari Bagian 1 sebelumnya bahwa yang «ditembak» sebaiknya keyword dengan persaingan rendah sampai sedang. Periksa persaingan keyword dengan melihat berapa banyak situs yang terdaftar pada hasil pencarian atas keyword tersebut. Sebagai webmaster anda juga perlu melihat Google PageRank (Google Page Ranking) situs-situs yang terdaftar pada posisi top 10. Jika semua situs tersebut memiliki PR6 atau lebih maka perjuangan anda akan sangat berat.
Note : Google PageRank mencakup range 0-10, semakin dekat ke 10 semakin bagus dan sulit dijatuhkan. PageRank sebuah situs ditentukan dari banyaknya tautan yang mengarah pada situs tersebut (inbound link) dan relevansi antara situs/halaman yang memberi tautan dan menerima tautan.

2. Pilih Keyword yang Terkait
Setelah membuat master list, temukan Keyword Panjang yang berkaitan dengan keyword yang sedang diincar. Lalu cek lagi persaingan dan pencarian harian yang dilakukan dengan menggunakan keyword tersebut.

3. Buat Tulisan Bermutu untuk Keyword tesebut
Membuat materi berkualitas harus selalu mendapat prioritas. Tulisan ditujukan untuk pengunjung yang akan membacanya. Jangan menulis untuk robot, jika ini dilakukan, cepat atau lambat Google akan mem-ban situs anda. Anda harus mempunyai konten yang bagus dan bermanfaat di mana para pembaca akan menggunakannya sendiri atau merekomendasikannya ke teman-teman mereka. Padukan materi berkualitas ini dengan keyword terpilih.

4. Gunakan Keyword pada Nama Domain, Judul, dan URL
Mempunyai domain yang sama dengan keyword akan menghasilkan poin besar. Selain itu halaman harus mengandung keyword pada judul dan meta tag. Banyak ahli Search Engine Optimization (saya bukan ahli :) ) juga akan menyarankan agar keyword terkandung pada URL dan gunakan hyphen untuk memisahkan keyword. Tapi menurut saya (dari pengalaman) bisa juga menggunakan underscore dan .htm pada URL.

5. Lakukan On Page Optimization
Keyword ratio akan disarankan para ahli (ahli Search Engine Optimization lah..). Anda menempatkan keyword sebagai H1 atau judul headline. Sebar keyword dan berbagai variasinya pada halaman yang dibuat. Tidak usah berlebihan tapi buatlah agar robot/spider dapat menangkap maksud dan isi halaman tersebut. Kebanyakan webmaster akan memasukkan berbagai keyword utama mereka pada 25 kata pertama dan terakhir. Sudah baca Bagian 1 dan 2? Kalau belum, lihat dulu deh. Bagian 1 membahas hal-hal yang perlu diketahui tentang cara menentukan kata kunci (keyword) yang baik dan kesalahan terbesar dalam memilih keyword. Bagian 2 membahas tentang On Page Optimization, penggunaan keyword, dll.


6. Gunakan &modul& traffic
Teknik yang bekerja dengan sempurna di Google adalah dengan membuat kluster/pecahan topik yang saling terkait ke dalam seksi-seksi terpisah. Contoh, jika anda mempunyai situs marketing, anda bisa membuat seksi tersendiri tentang article marketing, pada seksi ini anda mungkin membuat 50 sampai 100 halaman yang padat dengan keyword terkait subjek. Misal, artikel tentang penulisan artikel, formatting, submitting, software pembuatan artikel, dll. Tempatkan menu yang terkait dengan keyword (sebagai Anchor Text - scroll ke bawah) pada tiap halaman untuk menyatukan semua halaman.
Ingat, tujuan utama anda adalah menyediakan informasi bermutu untuk pengunjung situs anda. Alasan penting kenapa struktur ini disukai Google yaitu karena mereka menginginkan materi berkualitas ditampilkan pada Search Engine Return Page (SERP).

7. Article Marketing
Article marketing adalah menulis informasi singkat tentang topik-topik utama yang sesuai dengan tema situs anda. Anda mengirimkan artikel ini ke direktori ezine (electronic magazine) di internet, saat artikel anda digunakan oleh situs-situs yang sesuai maka anda mendapat one-way incoming link. Semakin bagus kualitas artikel anda, makin banyak one way incoming link yang didapatkan.
Taktik lainnya; jika anda baru saja memulai, situs anda pastinya memiliki nilai Google PageRank (Google Page Ranking) yang rendah. Dengan mendaftarkan artikel anda pada direktori ezine yang memiliki Google Page Ranking tinggi maka artikel anda akan segera diambil oleh Google dan terdaftar pada posisi top 10 untuk keyword yang anda incar. Tentu saja URL pada SERP yang ditampilkan Google adalah URL direktori ezine, tapi tautan dalam artikel adalah URL situs anda. Seiring waktu, teknik article marketing ini akan meningkatkan ranking situs anda untuk keyword-keyword yang dimaksud. Mudah dan efektif.

8. Anchor Text dan Tautan Satu Arah
Optimalisasi off-page (off page optimization) penting untuk mendapat ranking Google. Usahakan untuk mendapat Tautan Satu Arah (One Way Link), terutama dari situs lain yang memiliki topik yang relevan dengan situs anda. Anchor Text adalah teks yang di-klik pada sebuah link. Banyak webmaster mencantumkan keyword mereka sebagai Anchor Text karena cara ini memberitahu mesin pencari dengan tepat tentang link apakah itu gerangan.

9. Tags, Blogging, dan Web 2.0
Ambil keuntungan dari Web 2.0 dengan Blog, RSS feed dan situs-situs social bookmarking seperti Reddit dan Digg sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan ranking. Coba AddThis.com sebagai sistem social bookmarking sederhana. Untuk memanfaatkan media baru ini setidaknya situs anda harus memiliki blog dan RSS feed. Tags saat ini harus diperhitungkan untuk mendongkrak ranking. Catatan, pada software blog gratis seperti Wordpress sebelum versi 2.3, categories akan otomatis dilihat sebagai tag. Blogger.com yang sekarang dimiliki oleh Google memiliki form di mana anda mencantumkan keyword (sebagai tags) untuk untuk setiap posting yang dibuat.

10. PPC vs Organik
Tentu saja cara tercepat untuk menampilkan link di Google adalah dengan membayar mereka melalui program Google Adwords. Iklan dan link yang anda bayar akan tampil berdampingan dengan link organik. Pada iklan Pay Per Click (PPC) anda menawar atau membayar seharga tertentu untuk setiap klik yang dilakukan pencari (atau pengunjung dari situs yang &kebetulan& memasang link anda pada situs mereka melalui program Adsense). Tentu saja marketer yang cerdas juga menyadari bahwa ribuan bahkan jutaan impresi yang diperoleh dari cara PPC merupakan nilai tambah besar dalam memperoleh name recognition dan branding.


Namun kebanyakan webmaster akan berpendapat bahwa link organik menghasilkan traffic yang lebih baik daripada paid link atau advertising. Dalam banyak hal pendapat ini ada benarnya karena ranking organik dari Google semakin dihargai dan lebih dipercaya oleh pencari informasi. Kebanyakan surfer lebih menyukai link organik untuk pencarian mereka.


Tentu saja kenyataan ini lebih menegaskan lagi pentingnya memperoleh ranking top 10 di Google untuk keyword yang anda incar. Tergantung pada persaingannya, memperoleh posisi untuk listing pada halaman pertama atau bahkan posisi nomor satu merupakan hal yang sebetulnya bisa dilakukan tiap webmaster. Hasilnya sepadan dengan usaha yang dilakukan.

Baca Juga
Komentar

dodi 1 bintang - ini baru namanya postingan........ane angkat jempol gan wat situs ini..... klo bs [SENSOR]ong kasih koment tentang blog ane gan, maklum newbie nie http://jasapinjamanuang.blogspot.com
" wah, thank atas komennya ^_^ ok gan ^_^ "

[ Tulis Komentar ]

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]