Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » Game » Corona Game Engine Bertenaga Untuk Kembangkan Game 2D Secara Multiplatform

Corona Game Engine Bertenaga Untuk Kembangkan Game 2D Secara Multiplatform

Post: , 11 September 2015 - 08:32:51 WIB - In: Game - Dilihat: 443 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 22 tidak suka 0increase font decrease font share via addthis
Corona  Game Engine Bertenaga Untuk Kembangkan Game 2D Secara Multiplatform

Kini ponsel pintar telah memiliki macam-macam platform seperti iOS, Android, Windows Phone 8.1, Blackberry, Firefox OS, Tizen, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya sistem operasi tersebut, developer dapat mengembangkan game mobile di berbagai platform ini untuk mendapatkan peluang yang lebih banyak lagi dalam hal jumlah pemain dan keuntungan yang didapatkannya.

Untuk itu, agar mempermudah developer dalam mengembangkan game mobile di berbagai platform sekaligus maka dapat menggunakan game engine yang telah tersedia di internet. Salah satu game engine yang bisa dibilang bagus untuk pembuatan game mobile 2D adalah Corona.

Corona sendiri memiliki beberapa produk yang terdiri dari Corona Editor, Corona SDK,dan Composer GUI. Corona SDK sendiri merupakan SDK yang dikembangkan oleh Corona Labs dimana memungkinkan developer dapat mengembangkan game mobile secara multiplatform. Corona SDK ini sediri memiliki banyak ekstensif API library untuk mengembangkan game mobile.

Selanjutnya, Corona Editor merupakan plugin buatan Corona Labs dari alat pengembangan dari Sublime Text yang memungkinkan developer dapat merasakan mengembangkan game mobile layaknya menggunakan alat pengembang bawaan dari Corona SDK yang ringan.

corona bulid

Corona Editor ini akan menambahkan kemampuan pengembangan game pada Sublime Text seperti Debugger, Snippet, Code Completion, Docs, dan Launch yang akan membantu dalam mempercepat pengembangan game mobile dengan lebih rapi, cepat , dan bertenaga.

Developer dapat memanfaatkan berbagai API menarik yang dimiliki oleh Corona SDK hanya dengan menyisipkan beberapa baris kode pada kode-kode game mobile yang sedang dikembangkan. Selanjutnya, ketika developer ingin mencoba melakukan simulasi game mobile yang sedang dibuat maka dapat menggunakan Corona Simulator yang telah tersedia di Sublime Text ketika plugin Corona Editor telah terpasang.

Untuk bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan game mobile dengan Corona SDK adalah Lua. Selanjutnya, apabila developer ingin mencoba mengembangkan game mobile dengan menggunakan Corona SDK mulai dari dasar hingga mahir dapat mempelajari tutorialnya di halaman resmi dokumentasi Corona.

Selain itu, developer juga dapat mempelajari pemrograman game menggunakan Corona ini dengan mengunjungi halaman resmi Corona University. Untuk lebih memperkaya hal-hal penting pada game mobile yang dibuat seperti analisis game, in-App-Purchase, Notifikasi, Google Play Service, iAds, dan lainnnya maka developer dapat mencoba beberapa plugin yang telah terseda di Corona Plugin.

Sebagai tambahan, Corona Labs juga telah merilis Composer UI versi Beta untuk mempermudah developer pemula dalam mengembangkan game mobile dengan Corona SDK tanpa menggunakan bahasa pemrograman dan alat pengembangan yang berbasis visual.

Bagi pembaca yang tertarik untuk mengembangkan game dengan game engine ini maka dapat langsung mengunduhnya di halaman resmi Corona. Tak ketinggalan, pembaca juga dapat mengunduh game engine tanpa pemrograman di halaman resmi Composer UI.

Sumber: teknojurnal.com

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]