Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » Techno » Toko Online di Indonesia, Disarankan seperti Universitas

Toko Online di Indonesia, Disarankan seperti Universitas

Post: , 12 Juni 2015 - 05:58:10 WIB - In: Techno - Dilihat: 202 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 5 tidak suka 0increase font decrease font share via addthis
 Toko Online di Indonesia, Disarankan seperti Universitas

CEO OLX Indonesia Daniel Tumiwa menanggapi positif rencana pemerintah untuk memperketat penyelenggaraan bisnis e-commerce di Tanah Air. Langkah tersebut bisa berpengaruh baik dalam memberi jaminan keamanan pada pelanggan.

Pria yang juga menjabat Ketua Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdEA) itu berpendapat, situs belanja sebaiknya terdaftar di pemerintah. Dengan demikian, aparat yang berwenang akan mudah melacak lokasi situs belanja tersebut bila terdapat masalah antara penjual dan pembeli.

Selama ini masalah yang muncul dalam transaksi belanja online antara lain berupa penjualan fiktif. Contohnya, ujar Daniel, pembeli melihat ada iklan iPhone 6 seharga Rp 3 juta tapi ketika dipesan dan dibayarkan, barang yang diharapkan tak kunjung dikirim.

Tanpa adanya pendataan mengenai situs belanja online, aparat yang berwenang akan kesulitan menangani laporan pembeli yang dirugikan.

Daniel juga memberi saran agar pemerintah melakukan akreditasi terhadap situs belanja online, ketimbang menerapkan sertifikasi.

Kalau ada akreditasi atau sertifikasi bagus. Tapi saya rasa lebih baik akreditasi, seperti universitas saja. Kalau sertifikasi kan ribet, orang mau jualan mesti ada sertifikat malah sulit, jelas Daniel.

Saat ini belum tau pemerintah mau mewajibkannya seperti apa. Peraturan soal e-commerce juga kan masih dibahas. Tapi saya harapkan yang terbaik, karena ini menentukan apakah industri e-commerce akan bangkit atau justru mati, tutupnya.

Aturan mengenai e-commerce saat ini masih dalam pembahasan pemerintah. Sejumlah kementerian atau lembaga dilibatkan dalam pembahasannya, antara lain Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, Kemenpolhukam, Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal, serta Badan Ekonimi Kreatif

Sumber: tekno.kompas.com

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]