Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » Software » Tanpa 'Software', Sangat Sulit Memonitor Data Center!

Tanpa 'Software', Sangat Sulit Memonitor Data Center!

Post: , 26 Maret 2015 - 06:15:42 WIB - In: Software - Dilihat: 310 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 3 tidak suka 0increase font decrease font share via addthis
Tanpa

Data center dengan segala perangkatnya membutuhkan monitoring secara tepat. Tujuannya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Perangkat dalam data center sangat rentan dari kemungkinan korsleting maupun kebakaran bila tidak dirawat dengan baik. Untuk mencegah hal tersebut, monitoring harus dilakukan secara cermat.

Demikian hal itu mengemuka di acara seminar Schneider Electric IT Solution Day 2015: &Pentingnya Merancang, Mengelola dan Memonitor Data Center Menggunakan Infrastruktur Cerdas’ Rabu (25/3/2015), di Jakarta. Monitoring menjadi salah satu bahasan menarik di acara tahunan yang diselenggarakan untuk membahas tren kebutuhan dan solusi data center tersebut.

Monitoring sangat penting bagi kami yang memiliki data center. Beruntung, kami terbantu dengan adanya software seperti StruxureWare. Monitoring jadi lebih mudah. Tidak seperti dulu, harus dilakukan secara manual,” ujar General Manager Core Network Facilities Engineering Telkomsel, Marfani, usai seminar.

Dia menjelaskan, perusahaan tempatnya bernaung itu baru beberapa tahun belakangan memakai software. Masih lekat dalam ingatannya, bahwa saat itu ia harus melakukan monitoring segala perangkat dalam data center secara manual.

Waktu itu, staf yang bertugas monitoring harus membawa form berisi list perangkat-perangkat yang harus diperiksa. Bila keadaannya baik, ia akan memberi tanda daftar pengeceak, sedangkan yang kurang baik atau perlu penanganan akan diberi catatan tambahan, jelasnya.

Menurutnya, hal itu kurang efektif dan efisien. Selain memakan waktu, cara itu bisa menyebabkan keterlambatan penanganan karena monitoring yang tidak real time.

Dengan software, pekerjaan tersebut jadi lebih mudah. Kemudahan pertama tentu karena StruxureWare bisa memberikan informasi secara real time mengenai riwayat konsumsi energi, pengaturan suhu, letak sumber panas dan informasi lainnya. Dengan ini pula, monitoring bisa dilakukan di mana saja, ujarnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Business Vice President Schneider Electric IT Indonesia, Michael Kurniawan. Menurut dia, dengan sistem yang terhubung melalui software, monitoring menjadi semakin mudah.

Sistemnya semacam alert yang berbentuk notifikasi pesan. Pesan ini bisa dikirim langsung ke ponsel sehingga di manapun Anda berada, bisa segera tahu apabila ada gangguan dan ancaman. Semudah itu, kata Michael.

Sumber: tekno.kompas.com

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]