Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » People » Marissa Mayer, Bos Yahoo yang Pintar dan Juga Modis

Marissa Mayer, Bos Yahoo yang Pintar dan Juga Modis

Post: , 22 Mei 2014 - 05:22:11 WIB - In: People - Dilihat: 430 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 7 tidak suka 0increase font decrease font share via addthis
Marissa Mayer, Bos Yahoo yang Pintar dan Juga Modis

Perusahaan teknologi identik dengan kesan maskulin karena mayoritas didominasi para pria. Namun jangan salah, kaum hawa juga tak kalah hebat lho. CEO Yahoo, Marissa Mayer, adalah salah satu contohnya.

Sejak &dibajak& dari Google untuk menduduki jabatan tertinggi di Yahoo, nama besar dan pengaruh Marissa Mayer semakin mengemuka. Sepak terjang Mayer di Google tak perlu diragukan. Dia memimpin pengembangan sejumlah produk di Google selama lebih dari 10 tahun, lalu diangkat sebagai CEO Yahoo pada usia 37 tahun.

Fakta
- Mayer lahir pada 30 Mei 1975, di Wausau, Wisconsin.
- Diangkat menjadi CEO Yahoo pada tahun 2012.
- Mayer suka olahraga lari setengah maraton dengan suaminya, Zachary Bogue.
- Di rumahnya, dia punya rumah bermain seluas 15 kaki (sekitar 4,5 meter) yang dibeli pada sebuah acara lelang untuk anaknya, Macallister. Di rumahnya juga ada forklift deposit dan replika salah satu restoran Palo Alto favoritnya yang ditempatkan di halaman belakang rumah.
- Dia masuk dalam daftar 20 CEO perempuan yang menjalankan perusahaan versi Fortune 500.
- Mayer mewarisi darah seni dan estetika dari ibunya. Kecintaan Mayer terhadap science diwariskan dari ayahnya.


Perjalanan Hidup
Perempuan cantik bernama lengkap Marissa Ann Mayer ini menjalani masa kanak-kanaknya di sebuah kota kecil di Wausau. Dari kecil ia sudah aktif ikut kursus balet, ice skating, piano, hingga kompetisi debat.

Ayahnya adalah seorang engineer, ibunya seorang guru seni. Ketertarikannya pada matematika dan sains sudah terlihat sejak kecil. Saat di Wausau West High, dia pernah bekerja di sebuah toko bahan makanan. Dia hafal daftar harga ratusan item untuk merampingkan proses checkout.

Awalnya Mayer ingin menjadi dokter, namun saat di Stanford University, Mayer sangat tertarik pada komputer dan memutuskan untuk meraih gelar Bachelor of Science di bidang Symbolic Systems dan gelar Master of Science bidang Computer Science dengan spesialisasi bidang Artificial Intelligence (AI).

Selama studinya, Mayer mengajar mata kuliah sarjana di jurusan pemrograman komputer, dan mendapatkan dua penghargaan mengajar atas kontribusinya terhadap pendidikan sarjana.


Perjalanan Karir
Tawaran kerja untuk Mayer datang langsung dari pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin. Mayer ditanyai soal kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) saat sedang duduk di meja ping-pong yang digunakan perusahaan untuk konferensi, saat itu tahun 1999. Google belum menjadi perusahaan raksasa mesin pencarian Internet, bahkan baru punya 19 karyawan.

Setelah menerima tawaran Page dan Brin untuk memimpin tim user interface dan web server Google, Mayer resmi menjadi karyawan ke-20 di Google dan engineer perempuan pertama di Google.

Selama di Google, Mayer terlibat penuh pada pengembangan beberapa produk Google yang paling dikenal, termasuk Google Maps, Google Earth, Street View, Google News dan Gmail. Mayer juga dikenal sebagai seorang fashionista yang punya selera desain bagus. Tak heran jika ia ikut menentukan karakterisasi produk-produk Google. Misalnya, setiap desain doodle yang akan muncul pada home page Google harus mendapat persetujuan dari Mayer.

Mayer menghabiskan lebih dari 10 tahun waktunya bekerja di Google dan mendapat banyak penghargaan untuk etos kerjanya. Mayer tipe orang yang sangat detil dan seorang visioner. Ini terlihat dari wawancara dia pada tahun 2008.

Aku membantu membangun Google, tapi aku tak mau beristirahat di atas kemenangan. Menurutku hal yang paling menarik adalah apa yang akan terjadi berikutnya, katanya menurut yang dilansir laman Biography.

Apa yang terjadi selanjutnya pada Mayer terbukti menjadi perhatian di Silicon Valley dan seluruh dunia. Pada bulan Juli 2012, ia ditunjuk sebagai presiden dan CEO Yahoo. Saat itu Yahoo sedang terpuruk, harga saham turun, banyak PHK dan pendapatan iklan perusahaan juga turun.

Mayer bertugas mengoreksi perusahaan. Mayer adalah CEO kelima yang disewa oleh Yahoo dalam lima tahun terakhir.

Tak perlu menunggu lama setelah menduduki jabatan sebagai CEO Yahoo, Mayer mengakuisisi sejumah perusahaan rintisan (start up). Langkah terbesarnya adalah saat memutuskan untuk membeli Tumblr pada Mei 2013 senilai US $ 1,1 miliar.

Yahoo mulai berbenah seperti mengganti logo yang memiliki desain lebih ramping. Sejumlah gebrakan dilakukan Mayer, termasuk kebijakan kontroversial karena ia melarang karyawan Yahoo bekerja dari rumah dan diwajibkan datang ke kantor. Banyak yang percaya bahwa ia mampu membawa perubahan pada Yahoo.

Pada bulan September 2013, Mayer menduduki peringkat nomor satu dalam daftar tahunan pemimpin bisnis 40 Under 40 di majalah Fortune. Mayer juga pernah menjadi cover majalah Vogue untuk edisi September. Dalam foto itu, Mayer tampil glamor memakai gaun biru rancangan Michael Kors dan sepatu Saint Laurent, dan berpose layaknya model ala Old Hollywood.

Sumber: tekno.liputan6.com

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]