Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » Robotik » Tak Hanya Cerdik, Wajah Robot Juga Kian Ciamik

Tak Hanya Cerdik, Wajah Robot Juga Kian Ciamik

Post: , 25 Desember 2013 - 07:57:52 WIB - In: Robotik - Dilihat: 379 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 6 tidak suka 0increase font decrease font share via addthis
Tak Hanya Cerdik, Wajah Robot Juga Kian Ciamik

Belakangan ini, para ahli robot di dunia tengah gencar menciptakan robot humanoid alias robot dengan kemampuan mirip manusia. Mereka bisa melakukan aktivitas masak memasak, bermain musik, membantu kegiatan rumah sakit, dan lainnya.
Tren ini pun semakin lama berpotensi besar untuk menggusur peran manusia. Bukan cuma di dunia industri seperti manufaktur otomotif yang memanfaatkan fungsi robot, industri lainnya yaitu food baverages juga mulai &disusupi& robot. Sebuah restoran bernama Hajime Robot Restaurant adalah salah satu bidang usaha yang memanfaatkan robot sebagai pengganti peran manusia.
Restoran Jepang yang berlokasi di Bangkok, Thailand ini melayani pelanggannya dengan bantuan robot yang bisa menari. Robot tersebut bergaya ala tentara samurai Jepang dan mengantarkan daging dan sayuran kepada para pengunjung sambil melakukan tarian elektro ala robot.
Selain itu ada juga sebuah restoran di Harbin, China yang mempekerjakan 20 robot untuk memasak, melayani, dan menghibur para pelanggan. Robot-robot ini memiliki tinggi antara 1,2 sampai 1,5 meter dan bisa menampilkan 10 ekspresi wajah yang berbeda. Hebatnya, mereka dapat bekerja secara terus-menerus selama lima jam setelah baterainya diisi selama dua jam.
Kemudian robot humanoid yang dikenal canggih secara keseluruhan, baik fisik mau fungsinya adalah Asimo. Robot besutan Honda ini diperkenalkan pertama kali pada 28 April 2011, memiliki tinggi 130 cm dan bobot 54 kg. Kelebihan Asimo antara lain dapat berjalan dan berlari dengan gerakan yang lebih halus, menerima perintah suara dan mampu membedakan suara, mendeteksi benda yang bergerak, serta dapat mengenali postur tubuh dan bahasa isyarat.
Tujuan diciptakannya Asimo adalah untuk membantu tugas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan puluhan unit Asimo telah dikirim ke rumah sakit dan panti jompo di Jepang untuk membantu para petugas di sana.
Selain Honda, Toyota juga merilis robot humanoid yang dijuluki Partner Robot. Robot ini mampu bermain alat instrumental, khususnya biola yang dipamerkan pertama kali pada tahun 2007. Dalam penampilan perdananya, robot canggih ini dapat memainkan karya komposer Edward Elgar yang bertajuk &Pomp and Circumstance&.
Ketika bermain musik, robot ini juga mampu berkolaborasi dengan manusia sehingga pertunjukan menjadi lebih menarik. Partner Robot juga sempat hadir di Jakarta dalam ajang pameran otomotif terbesar di Tanah Air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.
Tak hanya kemampuannya yang hampir menyerupai manusia, robot humanoid juga memiliki tampilan yang menyerupai manusia sesungguhnya. Robot ini bernama Actroid yang dikembangkan oleh Universitas Osaka dan diproduksi oleh Kokoro Company Ltd. Actroid diperkenalkan pertama kali pada ajang International Robot Exposition 2003 di Tokyo, Jepang.
Kelebihan lainnya Actroid mampu melakukan berbagai ekspresi, seperti mengedipkan mata, berbicara, dan bernafas. Kulitnya sendiri terbuat dari silikon yang tampak menyerupai kulit manusia. Sebanyak 47 sensor penggerak terbenam di bagian atas tubuh Actroid sehingga mampu bereaksi secara alami layaknya manusia.
Actroid bisa disewa bersama kostumnya untuk memberi salam pada tamu restoran, pusat informasi, mejadi suster di rumah sakit ataupun perusahaan lainnya dengan biaya sekitar 400 ribu yen untuk 5 hari. Kemudian ada juga robot HRP-4C yang tak kalah cantiknya dengan Actroid.
HRP-4C adalah robot humanoid yang diciptakan oleh National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST), yang dikenal dengan panggilan Miim. Robit ini dapat berjalan layaknya manusia dengan menggerakkan 30 buah motor di dalamnya. Miim juga dapat merespon dan mengeja kata dan bernyanyi dengan bantuan perangkat lunak speech recognition

Sumber: tekno.liputan6.com

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]