Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » Netpreneur » Cara Maksimalkan PR Di Sosial Media

Cara Maksimalkan PR Di Sosial Media

Post: Rabu, 14 Maret 2012 - 12:41:24 WIB - In: Netpreneur - Dilihat: 954 kali

5 bintang comment 1 suka 9 tidak suka 0increase font decrease font share via addthis
Cara Maksimalkan PR Di Sosial Media

Pernahkah Anda menyadari betapa hiruk pikuknya dunia digital? Rasa-rasanya dunia itu jauh lebih ramai ketimbang pasar pagi. Di media sosial misalnya, semua orang berbicara, semua orang berkicau. Bercerita, marah-marah, mengeluh. Sungguh ramai. Di tengah keramaian dan kesibukan kita berbicara di platform tersebut, masih adakah keinginan dan waktu untuk mendengarkan?

Bagi para PR (Public Relation) ketrampilan bercerita di platform ini harus diimbangi dengan kemampuan mendengarkan. Mengapa ketrampilan mendengar menjadi penting? Karena dengan mendengarkan kita dapat menangkap ide-ide kampanye yang beresonansi dengan audiens online. Bukan itu saja, dengan mendengar baik-baik apa yang konsumen dan stakeholder lain katakan di web, blog, video, dan tweet, para PR dapat menyesuaikan keseluruhan strategi komunikasi mereka.

Masalahnya mendengar ada dua macam, mendengar pasif dan mendengar aktif. Kebanyakan praktisi PR hanya mendengarkan secara pasif dengan mengumpulkan informasi dasar yang didapat dari percakapan web dan memantau para kompetitor. Hanya sebagian kecil yang benar-benar menjadi pendengar aktif. Untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan dari mendengar, seorang PR haruslah menjadi pendengar aktif.

Media sosial telah membuat proses monitoring tentang apa yang orang-orang katakan tentang perusahaan menjadi begitu mudah. Media sosial tak ubahnya seperti sebuah telinga digital. Mereka membantu kita mendengar suara konsumen secara lebih luas dengan kecepatan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

Di dunia maya percakapan tentang reputasi merek terus terjadi. Pembicaraan ini menjadi sangat vital karena dapat menjadi salah satu cara melihat bagaimana reputasi online merek kita atau tanggapan publik terhadap barang atau jasa yang baru dirilis. Media online menyediakan suara konsumen yang real time, dan hal ini tak ubahnya sebuah “cawan suci” bagi perusahaan dan agensi.

Mengapa demikian? Karena hal tersebut dapat menjadi gambaran tentang perilaku konsumen. Bagaimana mereka bersikap, berpikir, dan melakukan pembelian di pasar. Hal tersebut juga menawarkan perkiraan tren industri berikutnya. Dari sinilah para praktisi public relations dapat menyusun strategi dan pesan untuk kampanye mereka.

Salah satu cara untuk mendapatkan pesan untuk kampanye PR adalah dengan metode text mining. Metode ini dijalankan dengan melakukan penelusuran dan analisis kata-kata dan percakapan di web dan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Dengan melakukan text mining, kita bisa memisahkan antara fans dan “musuh” perusahaan atau merek.

Hal penting yang perlu diingat adalah akses web dan media sosial terbuka selama 24 jam. Jadi sesuatu yang baru akan terus masuk dan hal tersebut dapat dijadikan alat untuk terus memperbarui pesan. Ini akan membantu PR untuk membangun kampanye yang dapat memperkuat dukungan fans atau mengurangi sentimen negatif para pencela.

Ada lima kategori kata kunci dalam percakapan online yang perlu dimasukan dalam proses text mining, yaitu:

  1. Reputasi: hal ini adalah apa yang mereka katakan tentang kita, yang baik maupun yang buruk.
  2. Merek: hal ini untuk melihat apakah percakapan yang terjadi seru, membosankan, positif, atau negatif.
  3. Pesaing: hal ini untuk melihat apakah kita tampil lebih baik atau buruk dibanding pesaing di wilayah digital
  4. Komunitas: hal ini untuk melihat apakah komunitas dan para pemimpin mendukung apa yang kita lakukan dan katakan.
  5. Promosi: hal ini untuk melihat apakah pelanggan kita merespon positif atau negatif kampanye kita yang sedang berjalan.

Dengan menganalisa data dan mendengarkan percakapan di web dan situs media sosial, perusahaan dapat mulai menemukan suara sebenarnya di komunitas digital. Model penjualan lama yang hanya menawarkan barang dan jasa di web telah berubah. Dunia digital kini telah diisi oleh orang-orang nyata yang menceritakan kisah nyata dan situasi yang nyata. Dari sinilah kita dapat mendengarkan kejujuran tentang perusahaan kita.

Lima tips untuk menemukan suara yang jujur di dunia digital, yaitu:

  1. Dengarkan baik-baik percakapan di web dan situs media sosial tentang produk dan jasa Anda dan ubahlah pembicaraan tersebut menjadi kisah nyata dalam platform komunikasi perusahaan.
  2. Dengarkan apa yang pelanggan dan klien Anda katakan tentang perusahaan dan biarkan mereka menjadi penasihat dan pembawa kebenaran bagi perusahaan.
  3. Dengarkan penggemar maya Anda untuk menemukan kata-kata dan frase yang dapat mempengaruhi target audiens dan stakeholder Anda.
  4. Dengarkan pada pegawai Anda dan biarkan mereka menggambarkan bisnis dan produk Anda dengan cara yang akan membuat pelanggan senang.
  5. Dengarkanlah pendapat para pemimpin dan orang-orang yang berpengaruh dalam masyarakat dan biarkan mereka menjadi penuntun organisasi Anda di masa mendatang.

Para PR yang menerapkan metode mendengar aktif di ranah digital akan mampu membantu organisasi meningkatkan reputasi online mereka. Tak ada alasan lagi para PR tidak bisa melakukan hal tersebut, karena kemajuan teknologi telah menyediakan beragam alat untuk melakukannya. Sekarang tinggal soal kemauan. Maukah Anda mendengarkan suara pelanggan?

Sumber: bursamuslim.com

Baca Juga
Komentar

Harga Website 5 bintang - Mas kiwil, template lokomedia yang di pake ini gak si share yah... Halaman download sudah berubah juga... :(
" hehehehe... ndak mas, ni ndak d share, trus kl msal ini sy share, strukturnya jga beda jauh dgn lokomedia cos struktur defaultnya sya modifikasi :D "

[ Tulis Komentar ]

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]