Home Profile Sitemap Contact Us
Join KS Page Follow KS Page Read KS RSS Mobile Version
Home » Blog » Jaringan Komputer » Cara Memaksimalkan Koneksi / Sinyal USB Modem CDMA / GSM

Cara Memaksimalkan Koneksi / Sinyal USB Modem CDMA / GSM

Post: Sabtu, 04 Desember 2010 - 23:54:57 WIB - In: Jaringan Komputer - Dilihat: 12.395 kali

tidak ada bintang comment 0 suka 1081 tidak suka 527increase font decrease font share via addthis
Cara Memaksimalkan Koneksi / Sinyal USB Modem CDMA / GSM

tutorial + review ini aku dapet dari temen FBku dan beberapa temen yang aku tata agar enak dibaca dan mudah dipahami tentang cara memaksimalkan koneksi / sinyal USB modem CDMA / GSM dan semoga tutorial ini bisa berguna bagi temen-temen semua :-)

PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK UJI COBA TERSEBUT :

  1. Menggunakan modem CDMA
  2. Kecepatan paket koneksi internet yang di pakai 200kbps,
  3. Antena Yagi
  4. Kawat tembaga

HASIL AKHIR DALAM UJI COBA TERSEBUT :

  1. sinyal: dpat EVDO 4 bar pdahal tanpa antena cma dpt 2 bar EVDO
  2. PB: ga LAG, buat main lancar2 aj, tpi ping 3 dri 4 bar
  3. IDM: speed donlud dpt 18 - 58 kbps
  4. streaming radio: anti putus 64k - 128k msih mampu
  5. streaming TV : putus2 mklum btuh 560k
  6. FTP lokal: bisa sampai 150kbps
  7. bagi saya koneksi sperti ini sudah cukup sehari bisa download 20 album lagu ato 2GB (Sudah pernah diuji coba sama temenku)

BAHAN PEMBUATAN :

Ada beberapa cara menguatkan Sinyal Modem baik CDMA/GPRS/3G dan Wireless LAN diantaranya adalah menggunakan Teknik USB Extender dan Antena Luar. Berikut saya sharing bagaimana cara membuat Antena Yagi CDMA 3G Sistem Induksi. Antena ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Modem tanpa dilengkapi konektor antena luar. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi :

  1. Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom
  2. Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi
  3. Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial
  4. Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik
  5. Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m
  6. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM
  7. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga
  8. Isolasi secukupnya
  9. Lem Bakar secukupnya
  10. Lem G atau Alteco secukupnya

CARA PEMBUATAN :

Pertama tama buat USB Extender atau Pembuatan USB Extended. Untuk dapat menempatkan USB Modem atau USB WiFi pada ketinggian yang berjarak agak jauh dari komputer, diperlukan adanya perpanjangan kabel USB atau yang sering disebut USB Extender . Dipasaran memang banyak USB Extended atau perpanjangan USB namun untuk panjang 5 meter ke atas tentunya sangat sulit dan sangat mahal. Berikut cara membuat Extended USB atau perpanjangan USB untuk Modem AirCard ataupun Wireless-LAN. Berikut alat dan bahan untuk pembuatan usb extended :

  1. Kabel UTP merk Belden yang bagus (agar tahan cuaca) dengan panjang kira2 = 5 meter atau sesuai kebutuhan. Maksimal 10-meter
  2. USB Extender / Perpanjangan USB = 1 set yang paling pendek klu ada
  3. Isolasi kabel warna hitam yang biasa digunakan untuk instalasi listrik
  4. Kondom Kabel / selongsong karet kecil untuk menutup sambungan kabel. Anda dapat membuatnya dari pembungkus luar kabel
  5. Isolator atau pipa listrik maspion = 2 buah masing2 panjang sekitar 10-cm
  6. Solder, Tang Potong dan Lem Bakar

Langkah Pembuatan USB Extended :

  1. Potong USB Extended / Perpanjangan USB yang mau diperpanjang kira-kira 5-cm dari kepala konektor, kupas selongsong kabel, disitu ada 4 kabel masing2 berwarna merah, hitam, hijau dan putih. keterangan ; kabel merah = untuk tegangan 5VDC dari Port USB pada komputer, kabel Hitam = Ground (Nol), kabel Hijau dan Putih = Data + dan Data -.
  2. Kupas kedua ujung kabel UTP kira2 5cm dari ujung selongsong kabel, disitu terdapat 4 pasang kabel masing2 : Coklat-CoklatPutih, Orange-OrangePutih, Biru-BiruPutih dan Hijau-HijauPutih. Berikutnya, kupas isolasinya sehingga kelihatan tambaganya
  3. Sambungkan kabel Hijau dari kabel UTP dengan kabel Hijau dari kabel Extender USB yang telah dipotong.
  4. Sambungkan kabel HijauPutih dari kabel UTP dengan kabel Putih dari ExtendedUSB yang telah dipotong.
  5. Gabungkan kabel Orange-OrangePutih (2 kabel digabung jadi 1) pada kabel UTP, kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Merah dari Extender USB yang telah dipotong.
  6. Gabungkan kabel Coklat-CoklatPutih dengan kabel Biru-BiruPutih (4 kabel digabung menjadi 1), kemudian sambungkan gabungan kabel tadi dengan kabel Hitam dari Extended USB yang telah dipotong.

Jangan lupa masing-masing sambungan pada USB Extender disolder, dibungkus kondom kabel atau diisolasi. Selanjutnya masukkan kabel ke dalam pipa listrik atau langsung diisolasi sehingga menutup seluruh sambungan kabel tadi dan kalau perlu isi pipa tadi dengan Lem Bakar (khusus untuk pemasangan di luar) sampai penuh atau cukup menutupi ujungnya saja. Pastikan air hujan tidak bisa masuk.

Nah Pembuatan USB Extended selesai dan Extender USB siap digunakan. Cobalah dulu menggunakan Flashdisk, kalau OK berarti USB Extended siap digunakan untuk Modem atau Wireless-LAN.

Dalam membuat USB Extended, panjang total USB Extender yang efektif untuk Modem adalah tidak lebih dari 8 meter. Di atas 8 meter komunikasi data sering error dan drop bahkan untuk beberapa jenis modem terjadi Not Found Detected Device artinya Modem tidak terdeteksi meskipun untuk flashdisk OK.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut bisa dipasang USB Repeater.. namun harganya cukup mahal,.. sebagai contoh USB Repeater sepanjang 5 meter berharga Rp.300 ribuan !!

Atau bisa dicoba dipasang USB Power Injektor, yaitu dengan memberikan Catu Daya tersendiri pada Modem/Wireless seperti halnya pada Access Point. Dengan Rangkaian tersebut Extender USB bisa diperpanjang sampai dengan 10-12 meter bahkan lebih

Nah, sederhana bukan cara membuat USB Extended

Terdapat perbedaan sangat signifikan dimana saat Modem CDMA 800-MHz tanpa antena (di dalam kamar) sinyal menunjukkan NOL Bar dan saat dipasang kumparan induksi Sinyal Modem CDMA terjadi penguatan 100 % menjadi 5 Bar atau Full Bar dan sangat lancar digunakan untuk koneksi Internet CDMA. Saat itu Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi tersebut saya letakkan diluar rumah dengan ketinggian hanya 4,5-meter dari atas tanah dan tepat mengarah ke BTS Provider CDMA-nya yang berjarak sekitar 6-km.

- SELAMAT BER EKSPERIMENT -

Bila ada salah kata atau mgkn ada yang kurang, dll dalam artikel ini, silahkan tulis pada form dibawah ini.

Baca Juga
Komentar

Jadilah orang pertama yang menulis komentar dengan mengisi form dibawah ini

Nama
Website
Email
Rating 1 2 3 4 5
Komentar
Key Codekode captcha
Kode
 
Costumer Service
CS KS 1
Chat yahoo messenger with CS KS 1
Wilda Satya Perdana (Owner)
Phone: +62 898-1390-966
E-Mail: Ke Email
FB: Klik Disini
Chat yahoo messenger with Wilda Satya Perdana (Owner)
We Accept
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
BANK MANDIRI CAB BATU - MALANG
Rek: 1440011320709
a/n: WILDA SATYA PERDANA
Pesan Domain
Silahkan masukkan nama domain yang anda pesan pada form diatas untuk di cek statusnya ada (Available) atau sudah diambil (Taken)

Belum Punya Hosting ? Atau Mau Cari Hosting? [Cek disini]